Gunakanlah Tools Visual Studio Mutakhir untuk Pengembangan Software

Sekarang Sudah Tahun 2018!

Catatan: Tolong dibaca dulu SEMUA dan jangan ambil setengah-setangah. Nanti salah faham.

Saya melihat yang menggunakan Windows 7, 8, 10 masih banyak yang menggunakan tools lama untuk pengembangan (development) software. Sekarang ini sudah tahun 2018. Janganlah kita menggunakan tools lama yang sudah ketinggalan teknologi dan lainnya. Berikut ini saya akan coba membantu agar para programmer bisa meng-upgrade software untuk pengmbangan dengan yang mutakhir.

Visual Studio 2017 Edisi Community itu GRATIS! Dan nggak ada embel-embel dibelakangnya

Saya ingat dulu pada protes kalau tools untuk pengembangan software mahal. Nah, sekarang Microsoft sudah memberikan Visual Studio 2017 Community gratis tanpa embel-embel dibelakangnya, bahkan sejak Visual Studio 2015 Community. Berikut ini tabel kemampuan Visual Studio 2017 Community yang bisa digunakan.

Keterangan
Produk Visual Studio 2017
Jenis IDE (Integrated Development Environment)
OS Windows 7, 8.1, Server 2012 R2 dan 10 (rekomendasi Windows 10 yang Fall Creators Update). Keterangan lengkap ada di tabel bawah.
Teknologi Dikeluarkan Maret 2017 (Stabil)
Edisi Community (Komunitas, GRATIS!), Pro, Enterprise
Download Community https://www.visualstudio.com/vs/community/

Silahkan anda download dulu Visual Studio Installer-nya dari link diatas. Ukuran file download Visual Studio Installer tidak besar, sebab jaman sekarang tidak ada yang mau download sampai Giga-giga byte terkecuali perlu install semua atau untuk Enterprise (Perusahaan Besar). Visual Studio Installer adalah pintu untuk men-download pilihan yang anda perlukan saja untuk pengembangan Software. Lihat keterangan lengkap untuk setiap bahasa pemrograman apa yang anda ingin gunakan dibawah. Jangan serakah mau install semua. Anda tidak mungkin akan pakai semuanya dan ukuran bisa sampai diatas 36GB download-nya jika anda pilih semua.

System Requirements Minimal Untuk Install Visual Studio 2017 Community

Keterangan System Requirements
Sumber Dokumen System Requirements
Minimum OS Windows 7 SP1, Windows Server 2012 R2 (setelah di-Update dengan 2919355), Windows 8.1 (setelah di-Update dengan 2919355), Windows Server 2016: (Standard dan Datacenter), Windows 10 version 1507 keatas: Home, Professional, Education, and Enterprise
OS Rekomendasi Windows 10 versi 1709 yang Fall Creators Update (Build 16299.15 keatas). Catatan: Upgrade Windows anda ke versi 10. Lebib ramah resource dan lebih secure.
Hardware Mudahnya, semua standard Laptop yang memory 4GB diatas tahun 2012. Detilnya, Processor 1.8 GHz atau lebih (Dual-core atau lebih), Memory 4GB, Harddisk minimal 128GB (bila berniat mau install semua, apalagi bila anda pakai Microsoft Office juga)

Nah, setelah anda siap untuk menginstall, silahkan pilih apa yang mau anda lakukan sesuai kebutuhan pemrogrammannya. Sekali lagi perlu diingat agar tidak meg-Install semua dan tidak ada manfaatnya. Pilihan opsi dibawah ini minimal dari segi pemrogramman. Boleh jadi juga digabungkan dua atau tiga opsi pada saat install nanti. Yuk kita mulai!

Jalankan setup file Visual Studio Installer yang telah anda download tadi. Pada saat saya download tadi, saya filenya adalah vs_community__1608746120.1514605704.exe, boleh jadi file yang anda download tidak sama nomernya, jadi tidak usah khawatir. Setelah dijalankan anda akan melihat tampilan seperti ini:

Tampilan Visual Studio Installer Pertama Kali

Berikut ini penjelasan gambar diatas:

  1. Point (1) diatas menunjukan versi Visual Studio Community yang akan anda Install. Perlu diperhatikan, pada saat saya membuat blog ini, versi yang saya download adalah 15.5.2. Boleh jadi besok atau bulan depan versi ini akan berubah lebih tinggi. Jadi tidak usah khawatir tentang versi yang anda download. Sebab setelah install, dan ternyata ada versi baru, anda bisa update ke versi baru tanpa install ulan semuanya. Jadi biasanya hanya di-Update bagian ternetu saja. Jadi tidak semua.
  2. Point (2) diatas adalah pilihan instalasi. Anda bisa install sesuai Workloads (kebutuhan kerja) pemrograman anda, atau jika anda sudah jago, baru silahkan bisa pilih komponen secara custom satu-satu. Jika masih belajar, usahakan jangan pakai Individual Components dulu. Tapi silahkan anda click jika mau lihat-lihat isinya ada apa saja.
  3. Point (3) adalah bagian Workloads atau komponen instalasi yang sesuai dengan kebutuhan kerja pemrograman anda. Bisa Desktop,Web, Data, dan lain-lain.
  4. Point (4) adalah inikator ukuran file (setelah di-Install) dari beberapa komponen yang anda pilih untuk di-download saat instalasi nanti.

Untuk .NET (C#,VB, F#) Programmer (Aplikasi Desktop)

Jika anda seorang .NET programmer, dan niat anda cuma ingin membuat aplikasi Desktop seperti pakai Windows Form, WPF atau WIndows Service. Berikut inilah instalasi minimal yang harus anda lakukan. Pilihlah Workload .NET Development saja. Berikut gambar dan penjelasannya dibawah:

Komponen Visual Studio Installer untuk .NET Desktop Development
Komponen Visual Studio Installer untuk .NET Desktop Development
  1. Point (1) adalah pilihan minimal yang harus anda conteng. Cukup! ini saja dan silahkan di-Install dengan menekan tombol Install di kanan bawah.
  2. Point (2) adalah pilihan tambahan jika anda ingin menambah kemampuan. Misalnya seperti point (4) yaitu men-target .NET Framework 4.7.1. Atau sekalian dengan Point (5) jika anda ingin memiliki kemampuan SQL Server database tetapi hanya mau untuk development dan tidak perlu install SQL Server yang khusus yang versi full server. Ini sudah cukup untuk pengembangan aplikasi desktop dengan Entity Framework atau menggunakan SQL Server database. Jadi tidak perlu instal-install MySql terkecuali memang diperlukan.
  3. Point (3) adalah total file yang akan ter-Install pada Harddisk komputer/laptop anda. Tentu Installer akan mendownload komponen-kpomponen untuk di-Install, tetapi jauh lebih kecil dari ukuran diatas. Jadi jangan khawatir takut memakan internet. Saya sarankan pada saat install, cari Wi-Fi gratisan dulu. 🙂

Selamat! Setelah anda install, silahkan anda gunakan Visual Studio 2017 Community tersebut.

Untuk ASP.NET Programmer (Aplikasi Web)

Okay, walaupun opsi ini ada, tetapi bagi pemula, usahakan belajar yang .NET Core, silahkan lihat pilihan komponen berikutnya setelah ini. Gunakan opsi komponen ini jika anda memang terpaksa.

Jika anda seorang .NET programmer, dan niat anda cuma ingin membuat aplikasi Web seperti pakai Web Forms, MVC, Web API, WCF, dan lainnya. Berikut inilah instalasi minimal yang harus anda lakukan. Pilihlah Workload ASP.NET and Web Development saja. Berikut gambar dan penjelasannya dibawah:

Komponen Visual Studio untuk Pengembangan Web dengan .NET
  1. Point (1) adalah pilihan minimal yang harus anda conteng. Cukup! ini saja dan silahkan di-Install dengan menekan tombol Install di kanan bawah.
  2. Point (2) adalah pilihan tambahan jika anda ingin menambah kemampuan. Misalnya seperti point (4) yaitu men-target .NET Framework 4.7.1. Anda perlu isntall SQL Sever atau MySql server sendiri secara terpisah jika menggunakan RDBMS database. SQL Server dan MySql Server ada yang GRATIS dan ada yang berbayar. Lihat keterangan dibawah.
  3. Point (3) adalah opsi yang saya pilih untuk pengembangan Aplikasi Web dengan ASP.NET menggunakan .NET Framework. Sedikit berbeda dengan pilihan Default-nya.

Untuk ASP.NET Core MVC Programmer (Aplikasi .NET dan Web Cross-Platform Windows, Linux, Mac) Rekomendasi Jaman Now!

Jika anda seorang .NET programmer, dan niat anda cuma ingin membuat aplikasi Web seperti pakai ASP.NET Core MVC, Web API2, Angular, React, dan lainnya. Berikut inilah instalasi minimal yang harus anda lakukan. Pilihlah Workload .NET Core Cross-Platform Development saja. Berikut gambar dan penjelasannya dibawah:

Komponen untuk Pengembangan .NET Cross-Platform
Komponen untuk Pengembangan .NET Cross-Platform
  1. Point (1) adalah pilihan minimal yang harus anda conteng. Cukup! ini saja dan silahkan di-Install dengan menekan tombol Install di kanan bawah.

Jadi, jika anda berniat mau Deploy aplikasi web anda di Linux nantinya, maka anda bisa membuat Aplikasi Web di Visual Studio. Nanti pada sat Publishing, tinggal pilih target OS, bisa Windows dengan IIS, Linux dengan nginx, di Mac OS, di Android, di ARM (IoT seperti Raspberi PI) dan lain-lain. Bahkan di dalam Container seperti menggunakan Docker.

Intall SQL Server yang GRATIS! Untuk Pengembangan

Berikut ini adalah Link Download SQL Server 2017:

https://www.microsoft.com/en-us/sql-server/sql-server-downloads

SQL Server ada dua versi yang GRATIS. Yaitu yang versi Developer dan versi Express.

SQL Server 2017 Gratisan!

Yang versi Developer semua fitur ada termasuk yang Enterprise. Tetapi ingat, jangan digunakan untuk Produksi sebab ini hanya untuk Developing saja dan tidak sesuai untuk di Data Center Server dan tidak boleh. Untuk yang veris Express, boleh anda gunakan untuk pengembangan tetapi ada batas/limit di kapasiatas databasenya dan ada fitur yang tidak ada. Jika database anda yakin dibawah 10GB, maka bisa menggunakan ini.

Catatan: Ingat! Install SQL Server versi Developer hanya untuk pengembangan. Jangan digunakan untuk produksi sebab tidak boleh. Gunakan versi Express jika ingin untuk produksi.

SQL Server 2017 juga ada untuk Linux jika server database anda menggunakan Linux. Silahkan di lihat-lihat saja di halaman link diatas. Termasuk untuk Connector SQL Server . Berikut ini link untuk melihat perbandingan antara edisi SQL Server:

https://www.microsoft.com/en-us/sql-server/sql-server-2017-editions

Jika ingin membuat Aplikasi Mobile NATIVE untuk iOS dan Android dengan menggunakan .NET

Anda bisa membuat aplikasi NATIVE untuk iOS (iPhone, iPad, Apple Watch, dll) dan aplikasi untuk Android dengan .NET. Yaitu namanya XAMARIN. Xamarin adalah Cross-Platform untuk pengembangan Mobile dengan .NET. Xamarin bukan berbentuk Hybrid dan bukan menggunkan Web View. Dia tidak sama dengan Phonegap atau Cordova yang menngunakan Web View. 100% Native seperti anda menggunakan Objective-C, Swift di iOS atau Java dan C++ di Android. Lalu apa bedanya dengan Android Studio atau lainnya? Dengan Xamarin, anda cuma buat satu Code Base yang sama untuk iOS, Andoird dan bahkan Windows. Jadi anda coding dengan C# atau F# satu kali saja dan semua akan bisa jalan di iOS dan Android. Perlu diingat, karena ini NATIVE, jadi misalnya anda membuat sebuah Button (tombol), maka akan di Render (ditampilkan) tombol native yang berbeda di iPhone dan di Andoird mengikuti bentuk tombol standard-nya. Jadi jika anda ingin bentuk Button (tombolnya) sama, maka anda bisa menggunakan global Styles dan bahkan di Xamarin Forms yang versi 3.0 (belum di-release, masih preview) anda bisa menggunakan CSS juga nantinya. Design untuk aplikasi mobile lebih mudah dan semua aplikasi tampilannya bisa sama hanyan dengan satu base Code saja.

Berikut ini pilihannya, pada Visual Studio Installer di halaman Workloads, scroll kebawah dikit menuju bagian Mobile & Gaming.

Komponen Xamarin untuk Pengembangan Aplikasi Mobile di iOS dan Android
  1. Point (1) adalah pilihan minimal yang harus anda conteng. Cukup! ini saja dan silahkan di-Install dengan menekan tombol Install di kanan bawah. Ingat! ini juga akan men-download Android SDK yang ukurannya sangat besar. Android SDK dari Google dan bukan Microsoft Visual Studio. Jika anda sudah pernah men-download Android Studio, anda bisa menngunakan Android SDK yang sama.
  2. Opsi komponen lainnya.

Untuk Programmer Python, C++, Node, Mobile Development dan lain-lain

Jika anda menggunakan bahasa selain .NET (C#, F#, VB), anda juga bisa pilih Workloads yang sesuai untuk pengembangan yang anda lakukan. Silahkan dilihat maupun dicoba.

Ingat! Jangan Install Semuanya. Anda tidak menggunakan semua komponen kecuali memang dibutuhkan.

Untuk itu mulai sekarang, lakukanlah Upgrade Windows dan Visual Studio yang anda gunakan.

Selamat mencoba!